SBY-Boediono Menang 1 Putaran, Meleset Jika Kena Gempa Politik

12 Jun

surveiLingkaranSI11Jun

 

Jakarta – Jika Pilpres 2009 digelar sekarang, pasangan SBY-Boediono diprediksi menang 1 putaran dengan mengantongi 63,1 persen suara. Prediksi ini akan meleset jika SBY-Boediono ‘digoyang’ gempa politik.

Demikian hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dipaparkan Direktur Riset LSI, Arman Salam, di Kafe Pisa, Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (11/6/2009).

Survei ini diselenggarakan di 33 provinsi pada 28 Mei hingga 3 Juni 2009. Survei diikuti 4.000 responden dengan metode multistage random sampling. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan margin error 2,4 persen dan tingkat kepercayaan 99 persen.

Hasil survei lembaga pimpinan Denny JA ini menunjukkan, jika Pilpres dilaksanakan hari ini, SBY-Boediono unggul 63,1 persen. Mega-Prabowo 16,4 persen. Sedangkan JK-Wiranto 5,9 persen. Sisanya, responden yang belum menentukan pilihan 14,6 persen.

Ada 3 kategori alasan responden memilih SBY-Boediono. Pertama, personality berupa pengenalan, kesukaan dan pantas menjadi pemimpin nasional.

Kedua, sentimen pemilih seperti ekonomi, keamanan dan penegakan hukum. Ketiga, kinerja pemerintahan terkait korupsi, pendidikan, BBM dan harga sembako.

Dari alasan itu, sebanyak 38 persen menilai SBY-Boediono buruk menangani masalah kerja dan pengangguran. Sedangkan 74 persen responden menilai SBY menangani korupsi dengan baik.

“Jadi kalau menurut UU Pemilu, capres menang itu apabila mendapat suara 50 persen plus 1. Dengan hasil riset yang menempatkan SBY-Boediono mendapat 63,1 persen maka dipastikan 1 putaran,” kata Arman.

Dikatakan dia, hasil ini juga sudah diprediksi apabila massa yang belum memutuskan sebesar 14,6 persen masuk ke Mega-Prabowo dan JK-Wiranto atau pun suara SBY-Boediono berkurang 14 persen.

Namun demikian, lanjut dia, prediksi LSI bisa meleset dari 1 putaran apabila ada blunder yang sangat besar di tim sukses SBY-Boediono.

Kedua, ada program yang sangat luar biasa dari pihak lawan. Terakhir, ada sejenis gempa politik atau kejadian luar biasa di sisa waktu masa kampanye.
( aan / nrl )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: